// you’re reading...

Fokus

I Gusti Ayu Surya Krsnanda : Pelajari Kultur Kehidupan Masyarakat Jepang Melalui Pertukaran Pemuda Internasional

Kesempatan yang sangat jarang diperoleh untuk dapat mempelajari budaya bangsa lain, dalam hal ini budaya kehidupan masyarakat Jepang. Kesempatan luar biasa ini didapat dara manis yang biasa disapa Aya. Berawal dari informasi dari temannya, Aya mencoba mendaftarkan diri menjadi peserta dalam acara pertukaran pemuda internasional ini. Acara yang diadakan oleh Japan International Coorporate Center mengadakan program “Jenesys Programme : Japan-East Asia Network of Exchange for Students and Youth. Kegiatan yang berlangsung selama Lima Belas hari ini membawa kesan tersendiri buat Aya.

Aya Mengenakan Kimono“Untuk bisa lolos seleksi mengikuti acara ini tidaklah mudah, ada beberapa tahapan tes yang harus dilewati. Harus memiliki wawasan yang luas, termasuk budaya Indonesia. Selain pengetahuan yang cukup, masih ada tes lainnya, seperti kemampuan berkomunikasi, wawancara dan administrasi.” jelas gadis yang mempunyai nama lengkap I Gusti Ayu Surya Krsnanda, mahasiswi S1 Sistem Komputer STIKOM Surabaya angkatan 2008 ini.

Perjalanan demi pejalanan telah Aya lewati. Dari satu tempat ke tempat lainnya, banyak sekali hal yang dapat diambil hikmah. Termasuk budaya kerjanya. Tepat waktu bukan saja menjadi suatu aturan, tapi sudah menjadi hal yg biasa dan budaya. Kebebasan berekspresi di Jepang sangat tinggi, kita bisa lihat gaya berdandan, musik, film yang sudah memperkaya hasanah seni dunia. Selain itu mereka memiliki semangat yang tinggi tentang pendidikan. Terlihat saat dari prestasi dari sekolah-sekolah disana. Hal-hal positif tersebutlah yang harus ditiru oleh generasi muda Indonesia. Bukan ditiru dari sisi negatifnya, namun banyak nilai positif yang bisa diambil hikmahnya.

Discussion

Comments are disallowed for this post.

  1. Wah, menarik sekali nih ceritanya. Coba dirinci lagi kota mana saja yg disinggahi beserta keunikan nya. Pasti lebih menarik lagi beritanya..

    Posted by Blog Dofollow | September 19, 2009, 11:46 pm
  2. Untuk informasi detailnya, tunggu edisi cetak dan pdf. Terima kasih.

    Posted by admin | September 29, 2009, 9:42 am
  3. Dulu pernah punya banyak temen dari jepang pas lg kul di UGM, ada satu yang agak nyleneh sehubngan dengan budaya kerja jepang, bangunnya selalu siang dan jalannay lambat sekali, She loves Indonesia, katanya disini bisa bermalas-malasan dan bisa bangun siang, wah kacau ya jepang model kyk gini

    Posted by Valley | October 6, 2009, 9:44 pm
  4. wah, beruntung ada yang bisa ikut. Tapi koq cuma satu ya yang dari STIKOM??? atau mungkin lebih tapi belum diberitakan.

    Posted by prazetyo | October 7, 2009, 9:49 am
  5. Sebenarnya ini adalah perwakilan propinsi saja, kebetulan yang bersangkutan adalah mahasiswa STIKOM Surabaya. Masing-masing propinsi diwakili oleh satu wakil saja.

    Posted by admin | October 7, 2009, 11:22 am
  6. Wah, hebat tuh si aya. Kapan semua perempuan kaya si aya yach ? dan kapan budaya bangsa ini dapat bertahan dari gencarnya budaya barat yg udah mendarah daging di kalangan remaja ? Wah, butuh konsep yang matang nih dari pemerintah.. hehehe

    Posted by Hary | February 23, 2010, 9:00 pm
  7. I would like to say thank you for sharing this cool article.
    Bookmarked and sharing for friends

    Posted by josimanis | March 28, 2010, 4:57 pm
  8. wah keren juga ya klo bisa ke jepang, jadi pingin deh

    Posted by sarah | September 2, 2010, 12:47 am
  9. makasih banget buat semua commentnya…dan saya rasa banyak mahasiswa stikom yang masih berkesempatan luas untuk mendapatkan student or youth exchange sejenis ini….mencari info terus dan jgn lupa buat selalu PD…wasalam….

    Posted by aya | December 20, 2010, 11:35 pm
  10. aku blh tau gak aya ini dulu pnh sekolah di jogja?

    Posted by intan | November 14, 2012, 9:09 pm
  11. Iya betul. saya (aya)
    pernah sekolah dasar sementara di jogja. tau dari mana ya, intan?

    Posted by aya | August 2, 2013, 2:09 am